Sabtu, 10 November 2018

Fungsi Akar Dan Struktur Akar Pada Tumbuhan

Fungsi dan Struktur Akar - Hallo kembali lagi bersama Masa Sekolah. Kali ini kita akan mengupas tentang akar pada tumbuhan. Akar sangat berperan penting pada tumbuhan. Karena sumber makanan dari tumbuhan sebagian besar di dapat dari akar. Ada 2 jenis akar yaitu akar tunggang yang berukuran besar yang terdapat pada tumbuhan dikotil dan akar serabut pada tumbuhan monokotil yang berbentuk serabut lembut. Masing-masing mempunyai ciri-ciri akar dan perbedaannya. Akar bisa juga disebut dengan nyawa dari sebuah tumbuhan. Lalu selain itu apa saja fungsi yang dimiliki akar itu sendir simak sampai selesai artikel Fungsi dan struktur akar pada tumbuhan.
Fungsi, Struktur akar pada tumbuhan

Fungsi Akar Pada Tumbuhan


1. Penyerapan Air dan Unsur Hara Tanah

Sudah kita ketahui bahwa akar memang bertugas untuk menyerap dan mensuplai bahan makanan tumbuhan. Akar mnyerap unsur hara dan air dari tanah dan dibawa keatas untuk dibutuhkan sebagai proses fotosintesis. Apabila akar sudah termakan oleh hama jika terlalu banyak maka besar kemungkinan akar tumbuhan tersebut akan layu dan mati arena kekurangan asupan tumbuhan dari akar.

2. Penopang Tumbuhan

Selain menyerap air dan unsur hara fungsi lain dari akar adalah menopang tanaman untuk tetap tegak diatas tanah. Sebab jika tidak ada akar yang merekat dengan tanah jika tertiup angin kencang maka tumbuhan dapat rubuh. Akar tumbuh semakin memanjang dan becabang untuk semakin erat tertanam ditanah supaya tumbuhan lebih kuat.

3. Tempat Cadangan Makanan

Akar dapat juga berfungsi sebagai tempat tumbuhan menyimpan bahan makanan. Contohnya ubi-ubian, kentang, wortel dll. Tumbuhan yang menyimpan bahan makanan diakar umumnya dimanfaatkan lebih banyak di bagian akar walaupun batang dan daunnya dapat juga dimanfaatkan. Dalam fungsi ini akar juga dapat menyimpan cadangan iar yang cukup banyak untuk terus mensuplai tumbuhan selain untuk mneyimpan cadangan makanan.

4. Respirasi

Fungsi yang satu ini tergolong unik karena akar diajdian sebagai respirasi tumbuhan. Contoh dari tumbuhan ini adalah pohon bakau, beringin dll yang hidup di air. Fungsi ini berperan untuk menunjang metabolisme dari tumbuhan tersebut untuk melakukan fotosintesis.

5. Fotosintesis

Selian fotosintesis terjadi pada daun, foto sintesis juga dapat terjadi di bagian akar tumbuhan. Contoh tanaman yang melakukan fotosintesis pada akarnya yaitu tumbuhan anggrek, pohon bakau. Merka mengubah karbondioksida dan air menjadi oksigen di bagian akar. Biasanya tumbuhan-tumbuhan tersebut merupakan fungsi akar yang tidak dapat dilupakan.

6. Reproduksi

Akar dapat juga melakukan reproduksi unutk bertambah banyak. Tumbuhan vegetatif stolon dan rizhoma adalah salah satu contohnya. Tanaman yang melakukan reproduksi dengan akar biasanya akarnya berbonggol layaknya ubi jalar.

7. Gerak Tanaman

Mungkin fungsi ini sedikit tidak terlihat oleh kita. Karena tumbuhan tidak melakukan gerakan atau perpindahan. Karena yang melakukan fungsi ini adalah akar yang mencari unsur hara dan air untuk selalu mensuplai tumbuhan.

 Struktur Akar


1. Morfologi (struktur luar akar)

Ukuran panjang akar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Contohnya faktor eksternal yang mempengaruhi akar yaitu mineral dalam tanah, air dan tanah. Dapat diambil conoth jika semakin sedikit air maka akar dari tumbuhan tersebut akans emakin panjang karena terus berkambang mencari sumber air tersebut.
Titik tumbuah akar itu sendiri terdapat pada ujung akar. Ujung akar dari jaringan meristem yang mempunyai sel sel berdinding tipis dan aktif untuk membelah diri. Selain itu ada juga tundung akar yaitu bagian ujung akar yang melindungi akar dari kerusakan. Pada akar terdapat juga rambut-rambut akar yang berfungsi untuk memperluas daerah penyerapan air dari akar tersebut.

 2. Anatomi (struktur dalam akar)

Setelah tadi bagian luar ada juga bagian dalamd ari akar. Bagian bagian struktur akar tersebut antara lain :
Epidermis akar : lapisan luar akar yang tersusun dari sel sel selapis berdinding tipis. Sel sel ini tidak berstomata. Pada epidermis ini akar membentuk rambut-rambut tipis dan juga benjolan benjolan guna memperluas jangkauan dan penyerapan air.
Korteks : koeteks adalah lapisan terluar kedua setelah epidermis. Jadi korteks adalah kulit kedua dari akar. Terdiri dari beberapa sel yang berukuran relatif besar memanjang dan sejajar sumbu akar. Pada sel ini memungkinkan akar menyerap cadangan makanan
Endodermis : fungsi dari endodermis adalah mengatur masuknya air garam dan juga mineral ke dalam Xilem (kayu). Bagian yang dapat menyeleksi air garam dan mineral disebut Pita Capaspary.
Silinder Pusat (stele) : bagian ini tersusun dari jaringan persikel, Empulur, dan berkas pembuluh angkut. Persikel berfungsi perutmbuhan akar ke samping. Empulur yang hanya terdapat pada tumbuhan dikotil ini terletak di paling dalam. Sedangkan persikel terdiri dari xilem dan floem yang terdapat jaringan kambium


Terimakasih sudah mau mampir dan membaca artikel dari Masa Sekolah sampai selesai. Semoga ilmu yang kita dapat dapat barokah dan berguna bagia semuanya. Bagi yang ada pertanyaan bisa ditanyakand I kolom komentar atau kalau mau menambahi barangkali saya khilaf dalam menulis materi juga bisa di kolom komentar. Terimakasih.


EmoticonEmoticon