Senin, 13 November 2017

Cara Membuat Contact Us, Privacy Policy, Desclaimer dan Abaut Di Blog

Contact us, desclaimer, privacy policy dan abaut adalah komponen yang harus ada pada blog anda. Semua mempunyai peranan masing. Untuk para blogger pengincar adsense pasti hal-hal diatas sangat diperukan sebelum melamar ke pengiklan terkenal yaitu google adsense.

Yang pertama saya akan membahas membuat contact us di blogger. Contact us yang dalam bahasa indonesia artinya hubungi kami. Fungsi tersebut adalah sebagai tombol bagi para visitor blog anda untuk menghubungi anda apabila ada pertanyaan atau sesuatu hal. Dapat juga visitor anda menghubungi anda sebagai pemilik website ato blog untuk sekedar menanyakan sesuatu ataupun dia gunakan sebagai request artikel dari anda. Banyak sekarang seorang blogger membuat artikel atas dasar request dari visitor-visitor setia mereka.

Pada layanan contact us anda bisa mencantumkan Contact person anda baik email maupun whatsapp. Jadi pada layanan contact us visitor akan menulis pada form yang anda sediakan. Nah pertanyaan nya bagaimana cara membuat contact us di blogger. Simak artikel ini sampai selesai. Sebelumnya saya akan memberi tahu anda bagaimana contoh contact us pada website yang saya miliki ini.
Itu tadi adalah contoh contact us pada website milik saya ini. Bagaimana membuatnya jika saya tidak paham coding..? tenang.. jaman modern ini ada orang yang berbaik hati membuatkan anda sebuah laman contact us. Anda tinggal mengedit sesuai yang anda butuhkan. Langsung amati langkah-langkah dibawah

1.Buka website 123 Contact From
2.Buat akun pada website tersebut
3.Jika sudah login maka tampilan seperti gambar dibawah


4.Pilih New Form kemudian klik Contact and Lead from karena kita akan membuat laman contact us

5.Pilih data apa saja yang anda inginkan dari visitor anda jika ingin menghubungi anda. Seret dan edit tab-tab yang anda inginkan

6.Submit
7.Dapatkan kode html anda pada tab "Blogger"

8. Copy kode tersebut
9. Buka dashboard blogger anda kemudia pilih laman
10. Buat laman baru

11. Pilih html kemudia paste kode yang didapat tadi
12. Post
13. Buka post contact us dan copy link

14. Aktifkan halaman contact us dengan mengedit script html template anda. Masuk ke dasboard blog kemudian pilih tema klik "edit html"

15. Cari kata "Contact Us" dengan cara tekan "CTRL + F" ketik contact us lalu enter
16. Ganti tanda pagar dengan link Privacy Policy anda pada langkah ke 13

Selanjutnya adalah Privaci Policy. Privaci Policy dalam bahasa indonesia mempunyai arti yaitu kebijakan privacy. Masih berhubungan dengan contact us. Mengapa...? karena data yang dimasukkan Visitor saat mengisi form contact us harus dijaga oleh pemilik website. Privaci Policy merupakan satu dokumen yang berisi data visitor.

Privacy Policy bertujuan untuk memberikan kepercayaan lebih kepada visitor akan data yang visitor berikan. Jadi visitor anda nyaman dan tentram data nya tidak bakal disalahgunakan oleh pemilik website. Dibawah ini adalah contoh privacy policy yang saya miliki.




Cukup mudah dalam pembuatan privacy policy karena ada web resmi dari privacy policy online yang menyediakan template kata-kata dalam bahsa inggris, jadi anda tinggal memasukkan nama website anda email dan data-data engenai blog anda. Dibawah ini langkah-langkah cara pembuatan privacy policy secara simpel.

1. Kunjungi web Privacy Policy Online
2. Masukkan data-data blog anda yang diperlukan oleh Privacy Policy kemudian Generate Policy

3. Muncul Privacy Policy blog anda. Generate HTML

4. Copy Privacy Policy yang berbentuk HTML kemudian paste pada postingan halaman anda.

5. Post Halaman Privacy Policy anda
6. Aktifkan dengan cara menyisipkan link postingan Privacy Policy seperti anda mengaktifkan halaman Contact Us diatas


Next kita membuat Desclaimer untuk blog ataupun web kita. Sebelumnya jika ada yang beum tau apa itu desclaimer akan saya jelaskan sedikit dengan bahasa saya sendiri. Jadi desclaimer adalah suatu pernyataan penolakan apabila seorang visitor blog anda membuat kerusuhan di blog anda yang berakibat hukum maka dengan Desclaimer ini dapat melindungi anda. Fungsinya seperti yang saya paparkan diatas.

Desclaimer adalah tameng anda apabila ada seseorang yang membawa ke rana hukum maka anda sudah menang bahwa anda mempunyai desclaimer dan tidak ikut campur dalam persoalan tersebut. Nah untuk contoh desclaimer anda bisa lihat Desclaimer milik saya yang saya buat dengan cara yang cukup instan.Akan saya paparkan bagaimana cara membuat declaimer blog dengan mudah.

1. Kunjungi web Privacy Policy Online
2, Pilih Menu "Desclaimer Generator"

3. Masukkan data-data yang diminta kemudian "Generate"

    Jika sudah, maka langkah seperti membuat Contact Us dan Privacy Policy
4. Copy dan pastekan ke halaman yang akan anda buat
5. Posting Halaman Desclaimer anda
6. Aktifkan dengan mengganti HTML kode seperti cara sebelumnya



Untuk menu "Abaut" yaitu menu yang digunakan untuk mendiskripsikan blog atau website anda. Menut abaut untuk memberi tahu kepada visitor apa bahasan blog anda atau sejarah blog anda terbentuk. Barangkali terbentuk untuk sekedar sharing ilmu ataupun sebagai mata pencaharian sebagai seorang blogger anda bisa mendiskripsikannya pada menut Abaut.

Untuk cara membuat abaut di blog cukup anda tulis pada laman baru. Jadi anda menulis sendiri seperi halnya menulis artikel anda. Pilih menu pada Halaman kemudian halaman baru. Tulis semua informasi yang ingin anda paparkan. Jangan lupa mengaktifkan menu abaut seperti langkah-langkah ketiga menu diatas yaitu melalui edit html anda tinggal memasukkan link halaman abaut anda.


Semoga semua informasi diatas dapat berguna bagi anda. Apabila ada pertanyaan anda bisa meninggalkannya di kolom komentar yang sudah disediakan. Begitulah cara membuat Contact Us, Privacy Policy, Desclaimer dan Abaut Di Blog. Terimakasih





EmoticonEmoticon